Iyan Radiana mengawali karier sebagai staf pemasaran, manager pemasaran, General Manager dan direktur di beberapa perusahaan. Lulus S1 dari Fisip Universitas Padjadjaran dan S2 (Magister Managemen) bidang Pemasaran dari Universitas Telkom. Saat ini aktif motivator, trainer dan dosen bidang penjualan, pemasaran, pelayanan, entrepreneurship, komunikasi bisnis dan kepemimpinan. Pernah aktif di beberapa lembaga training seperti Kubik Training dan Markplus. Berpengalaman lebih dari 15 tahun memberikan pelatihan di korporasi terutama lembaga keuangan/ perbankan, BUMN, perusahaan asing dan selama dua tahun menjadi trainer di Badan Ekonomi Kreatif.
Jadi Penjual Handal & Bangun Koneksi Bisnis
Tingkatkan Karir Anda dengan Training Penjualan Konsultatif dan Support Karir Seumur Hidup

Biaya
Trial Class
Coba kelas secara gratis dengan batasan akses selama 7 Hari
Rp. 1.000.000
Gratis
- Akses Kelas
- 16 Video Pembelajaran
- Forum Diskusi
- Soal Praktik
Program SPL
Dapatkan akses penuh ke seluruh kelas selama 1 tahun
Rp. 1.300.000
Rp. 1.000.000
- Akses Kelas
- 60+ Video Pembelajaran
- Forum Diskusi
- Soal Praktik
Mungkin Ini Masalah Anda...
- Anda tahu bagaimana menjual produk/jasa, tapi kurang memahami kebutuhan pelanggan
- Profesi tenaga penjualan memiliki konotasi negatif dan sering dihindari oleh konsumen
- Kurangnya kemampuan dalam mengamati kebutuhan konsumen
Padahal Sebaiknya...
- Tenaga penjual mampu menggali kebutuhan konsumen serta memberikan solusi
- Penjual harus menguasai bagaimana melakukan komunikasi efektif dengan pelanggan
- Penjual harus memiliki kemampuan berkomunikasi dengan tipe pelanggan yang berbeda-beda
Berikut ini adalah materi yang akan Anda pelajari
Sesi 1 : Penjualan Konsultatif dan Pola Pikir Penjualan
- 1.2 Jebakan Transaksional Selling
- 1.3 Mengapa harus Beralih ke Penjualan Konsultatif
- 1.4 Perbedaan Penjualan Konsultatif dan Transaksional
- 1.5 Bagaimana Melakukan Penjualan Konsultatif
- 1.6 Pengenalan tentang Karakter Sales yang Sukses
- 1.7 Podcast Pola Pikir Apa dan Mengapa
- 1.8 Mengenal 3 Pola Pikir Sukses untuk Sales
- 1.9 Film Bill Porter
- 1.10 Pentingnya Kepercayaan
- 1.11 Pentingnya Tanggung Jawab
- 1.12 Pentingnya Dedikasi dalam Profesi
- 1.13 Menjadi Konsultan Penjualan
- 1.14 Pentingnya Empati
Sesi 2 : Komunikasi Penjualan dan Memahami Tipe Konsumen
- 2.2 Mendengarkan yang Efektif
- 2.3 Prinsip Komunikasi
- 2.4 Aktifitas Pelatihan Prinsip Komunikasi
- 2.5 Menggunakan Pendekatan Komunikasi yang Tepat
- 2.6 Elemen Penting dalam Komunikasi
- 2.7 Elemen Komunikasi Verbal
- 2.8 Elemen Komunikasi Non-verbal
- 2.9 Menggunakan Pertanyaan Terbuka
- 2.10 Podcast Pengenalan tentang Komunikasi Konsultatif
- 2.11 Kesan Pertama
- 2.12 Menggali Kebutuhan untuk Menemukan Permasalahan
- 2.13 Menganalisa Akar Permasalahan
- 2.14 3 Tipe Konsumen
- 2.15 Mengidentifikasi Modalitas Konsumen
- 2.16 Menjual ke Tipe Konsumen yang Berbeda
Sesi 3 : Melakukan Prospekting, Pendekatan & Menggali Kebutuhan
- 3.2 Pengenalan tentang Proses Penjualan Konsultatif
- 3.3 Podcast Membangun Jejaring
- 3.4 Memahami Strategi Pemasaran Perusahaan
- 3.5 Memahami Pesaing
- 3.6 Pentingnya Prospecting
- 3.7 Teknik prospekting
- 3.8 Prospekting Melalui Media Promosi
- 3.9 Menghubungi Konsumen dari Referensi
- 3.10 Pentingnya Pendekatan
- 3.11 Kegagalan dalam Pendekatan
- 3.12 Tips Melakukan Pendekatan
- 3.13 Aktivitas Latihan Membangun Kedekatan
- 3.14 Kesalahan Umum Sales
- 3.15 Aktivitas Menggali Kebutuhan dengan Teknik SPIN
- 3.16 Lebih Dalam dengan Pertanyaan SPIN
- 3.17 Tujuan Khusus Sesi 3
Sesi 4 : Presentasi Penjualan Menangani Keberatan & Negosiasi
- 4.2 Proses Penjualan 3: Menjelaskan Solusi dengan FAB
- 4.3 Proses penjualan 3: Aktivitas Latihan Membuat FAB
- 4.4 Proses Penjualan 3: Alat Bantu Presentasi
- 4.5 Proses Penjualan 3: Bahasa Hipnosis dalam Presentasi
- 4.6 Proses penjualan 3: Aktifitas Latihan Presentasi Penjualan
- 4.7 Proses Penjualan 3: 6 Prinsip Persuasi
- 4.8 Bagaimana Mengkaitkan Presentasi dengan Masalah Konsumen
- 4.9 Proses Penjualan 3: Memahami DMU
- 4.10 Proses Penjualan 3: 4 Respon DMU
- 4.11 Proses Penjualan 3: Ketika Konsumen Membandingkan Produk Kita
- 4.12 Proses Penjualan 3: Tips Presentasi
- 4.13 Proses Penjualan 4: 4 Langkah Menangani Keberatan
- 4.14 Proses Penjualan 4: Demo Menangani Keberatan
- 4.15 Proses Penjualan 4: Negosiasi Win Win
Sesi 5 : Menutup Penjualan, Cross Selling & Up Selling, Layanan Purna Jual dan Menangani Keluhan
- 5.2 Proses penjualan 5: Tanda-Tanda pembelian
- 5.3 Proses Penjualan 5: Teknik-Teknik Closing
- 5.4 Proses Penjualan 5: Demo Teknik Closing
- 5.5 Proses Penjualan 6: Apa itu Cross Selling dan Up Selling
- 5.6 Proses Penjualan 6: Bagaimana Melakukan Cross Selling dan Up Selling
- 5.7 Proses Penjualan 6: Demo Melakukan Cross Selling & Up Selling
- 5.8 Proses Penjualan 7: Menjaga Hubungan
- 5.9 Proses Penjualan 7: Meningkatkan Layanan Konsumen Revisian
- 5.10 Proses Penjualan 7: Mengukur Kepuasan Konsumen dengan NPS
- 5.11 Proses penjualan 7: Meningkatkan Layanan Konsumen Revisian
- 5.12 Proses Penjualan 8: Langkah Menangani Keluhan Konsumen
- 5.13 Proses Penjualan 8: Demo Menangani Keluhan Konsumen
- 5.14 Proses Penjualan 9: Layanan Purna Jual
- 5.15 Tips Melakukan Penjualan Secara Kreatif
Metode Pembelajaran
Pelatihan ini menggunakan Metode Video Pembelajaran Mandiri (Self Paced Learning) dengan Metode Ajar kombinasi antara Ceramah, Tutorial, dan Podcast.
Mengapa harus beralih ke Penjualan Konsultatif?
Instruktur menjelaskan tentang fokus penjualan konsultatif dan peranan dari sales konsultatif. Instruktur memperkenalkan konsep teknik penjualan konsultatif dan bedanya dengan penjualan transaksional. Instruktur kemudian menyarankan peserta untuk merubah cara-cara jualan transaksional yang dirasa sudah tidak relevan lagi dan berpindah menggunakan teknik penjualan konsultatif.
Elemen apa saja yang penting dalam Komunikasi?
Instruktur mendiskusikan peranan kata-kata, intonasi dan bahasa tubuh, serta seberapa besar pengaruh ketiga elemen tersebut dalam komunikasi. Instruktur memberikan demo dalam bentuk memberikan training, pertama hanya menggunakan kata-kata tanpa intonasi dan gerak tubuh, lalu kemudian memberikan demo memberikan training dengan mengoptimalkan kata-kata, intonasi dan bahasa tubuh. Instruktur menekankan perbedaan pengaruhnya dalam komunikasi.
Mengapa Kepercayaan itu Sangat Penting?
Instruktur menekankan pentingnya kejujuran dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen serta menjadi orang yang bisa dipercaya dan mendiskusikan formula untuk menjadi orang yang dipercaya yaitu :T= C+R+I/ SO. Trust = Credibility + Reliability + Intimacy/Self Orientation. Jika kita ingin dipercaya, maka tingkatkan kredibilitas, menjadi orang yang bisa memegang janji, dan bersifat hangat dan ramah, dan menurunkan ego pribadi
Fasilitas
Mulai karir impian Anda sebagai spesialis penjualan bersama kami dan dapatkan fasilitas koneksi bisnis seumur hidup ke puluhan perusahaan hiring partner GIMB Academy yang tersebar di Indonesia
Keunggulan
- Dipercaya oleh Prakerja sejak tahun 2022
- 2000+ Alumni tersebar di Indonesia
- Mentor Berpengalaman lebih dari 20 tahun
- Kurikulum berbasis SKKNI dan Dunia Usaha/Industri
- Video Pembelajaran disusun secara Sistematis
- Video Pembelajaran dapat diulang tanpa batas
- Tenaga Pelatih bersertifikat Master Trainer BNSP
- Dilengkapi dengan 85+ soal ujian untuk memvalidasi pemahaman Anda
- Dilengkapi dengan tugas projek di akhir pelatihan
- Terdapat pembinaan alumni dan career networking
- 60+ Video tutorial lengkap
- Pemetaan Karir berdasarkan bakat individu
Kelas ini akan dipandu oleh:

Iyan Radiana
Master Trainer | Sales Executive Manager
Profil Singkat
Biaya
Trial Class
Coba kelas secara gratis dengan batasan akses selama 7 Hari
Rp. 1.000.000
Gratis
- Akses Kelas
- 16 Video Pembelajaran
- Forum Diskusi
- Soal Praktik
Program SPL
Dapatkan akses penuh ke seluruh kelas selama 1 tahun
Rp. 1.300.000
Rp. 1.000.000
- Akses Kelas
- 60+ Video Pembelajaran
- Forum Diskusi
- Soal Praktik
Coba Kelas Gratis Selama 7 Hari Sekarang!
Frequently Asked Questions (FAQs)
GIMB tidak hanya menawarkan pelatihan keterampilan kepada peserta, tetapi membantu mereka menetapkan tujuan hidup terlebih dahulu, membantu mereka mencapai tujuan dengan mengikuti beberapa pelatihan, dan mengarahkan mereka pada banyak peluang untuk mencapai tujuan setelah menjadi alumni.
Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui https://class.gimbacademy.id/. Peserta hanya perlu membuat akun, memilih program yang diinginkan, mengisi data diri, dan melakukan pembayaran untuk mengakses materi pelatihan.
GIMB Academy tidak mensyaratkan kualifikasi khusus, namun peserta diharapkan memiliki minat dan komitmen yang kuat untuk mengikuti setiap sesi dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan agar mendapatkan hasil maksimal.
GIMB Academy mendukung pembayaran melalui transfer bank untuk memudahkan peserta melakukan transaksi dengan nyaman dan aman.
Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta akan mendapatkan sertifikat kelulusan serta keterampilan praktis yang dapat langsung diterapkan dalam pekerjaan atau bisnis. Peserta juga memiliki akses ke komunitas alumni GIMB untuk jaringan profesional lebih lanjut.
Informasi lebih lanjut mengenai program pelatihan dapat diakses melalui situs resmi GIMB Academy di https://gimbacademy.id/ atau halaman FAQ di https://gimbacademy.id/faq-gimb-academy/
GIMB Academy memberikan dukungan peluang kerja di berbagai industri mitra GIMB. GIMB hanya sebagai jembatan antara perusahaan dengan alumni.
Copyright © 2025 - GIMB Academy
Ada yang ingin ditanyakan?